Keranjang
Belanja
    [ 0 Barang ]

 
 
 
Alamat:
Jl. Dr. Sutomo No. 13 A
Yogyakarta INDONESIA
telp: +62-274-562338

Jam Buka:
Senin - Sabtu
09.00-15.00 WIB


Time Traveller Project: Mapping Yogyakarta and its Museums!
2015-07-10 11:57:24

Pada 10 Juli 2015 lalu, AIESEC UPN Veteran Yogyakarta - Time Traveler Project berkunjung ke Museum Batik Yogyakarta. Peserta program kali ini adalah Zakaria dari Maroko, Sujit Kumar dari India, Fraser Chen dari Taiwan, Tran Thi Thanh Tu dari Vietnam dan Koo Hui Ying dari Malaysia, ditemani oleh Ringgih Rinaldi dkk dari UPN Veteran Yogyakarta. Ternyata kunjungan kali ini menjadi asyik karena selain mengenal batik dan perbedaannya dengan tekstil motif batik, mereka juga mengenal cerita-cerita di balik motif batik tradisional Jawa. Misalnya saja, ketika berhenti di hamparan motif Madu Bronto, pria-pria lajang ini langsung berebut mendekati koleksi kain yang terpajang, berharap kekuatan doa dari pembuatan motif tersebut akan mengabulkan harapan mereka untuk mendapatkan seorang gadis sebagai kekasih.
Serunya jalan-jalan ke Museum Batik tidak hanya berhenti di situ, tetapi juga terjadi ketika Fraser mencoba mentranliterasi huruf-huruf kanji yang ada di koleksi Museum BatikYogyakarta. Batik sebagai bukti otentik akulturasi, sinkretisme dan harmoni perpaduan banyak kultur sungguh dapat mereka baca pada koleksi-koleksi yang ada di Museum Batik.
Mereka juga menyempatkan diri bertemu dengan Ibu Dewi Nugroho setelah mengunjungi Museum Sulaman dan menyampaikan apresiasi mereka.
Rencananya, salah satu proyek yang ingin mereka kerjakan selama di Yogyakarta adalah mengajak anak-anak muda untuk mengenal jati diri melalui museum. Tentu saja ini ide yang baik dan Museum Batik Yogyakarta siap membantu lewat Batik Kit dan Coloring Kit untuk memperkenalkan batik kepada publik, dan anak-anak.
Sukses untuk Time Traveller Project, dan mari bersama kita lestarikan budaya dan batik Indonesia!
 

Time Traveller Project di Museum Batik dan Sulaman Yogyakarta.


Setelah berdiskusi tentang Project Time Traveller tentang museum dan pengalan bati lewat paket membatik yang dikembangkan oleh Batik Inc. Museum Batik Yogyakarta.
 
Ditulis oleh Lieke S. Kuncoro, operational Museum Batik Yogyakarta 2015.



<< kembali ke indeks artikel




Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp) in Unknown on line 0