Keranjang
Belanja
    [ 0 Barang ]

 
 
 
Alamat:
Jl. Dr. Sutomo No. 13 A
Yogyakarta INDONESIA
telp: +62-274-562338

Jam Buka:
Senin - Sabtu
09.00-15.00 WIB


Sehari-hari di Museum Batik Yogyakarta
2015-06-21 11:50:19

Siapa bilang berpuasa berarti menjadi pasif? Tim edukator Museum Batik Yogyakarta, setelah beberapa waktu yang lalu berdiskusi dengan Kepala Museum Batik Yogyakarta, bersepakat untuk memulai upaya konservasi dan tata ulang ruang pamer Museum Batik.
 
perlengkapan tim kurator dan edukator.

Meski awalnya kegiatan ini sempat tertunda beberapa kali, akhirnya dalam rangka menyambut bulan Ramadan kali ini, rencana pun dijalankan. Melihat tumpukan kain, mungkin terasa sederhana pada awalnya. Namun pekerjaan ini ternyata membutuhkan waktu yang lama dan panjang, untuk dapat menyelesaikannya.
Beberapa kain yang sudah semakin tua dan rapuh terasa "sudah lebih kering", karenanya membutuhkan perlakuan yang berbeda. Beberapa motif yang berasal dari masa-masa peralihan juga tetap cantik untuk dinikmati oleh mata. Motif batik ternyata selain klasik dan anggun, banyak juga yang merefleksikan kemampuan sifat kulturalnya yang adaptif.
Pekerjaan baru saja dimulai, masih banyak hal yang perlu diupayakan untuk menyelamatkan koleksi warisan batik ini. Meski kami masih minim, seperti kurangnya silica gel untuk membantu pengawetan dan memperpanjang usia kain, maupun kurangnya vitrin yang memadai untuk mendispaly kain dengan lebih baik, tetapi kami tetap berupaya untuk melakukan yang terbaik. Hari pertama sudah kami lalui dengan selamat. Masih ada ratusan kain koleksi Museum Batik yang menanti, dan semoga banyak jalan terbuka dan niat baik yang terwujud dalam upaya konservasi batik, lestarilah batik Indonesia!
 
lemari yang perlu diperbaiki.
 
rotasi koleksi kain.
 
kain dicek ulang.
 
pemberian nomer inventaris yang terbarukan pada koleksi. 
 
pekerjaan yang baru saja dimulai, dan masih membutuhkan banyak sumber-sumber penunjang.
 
 
ditulis oleh Lieke S. Kuncoro, Operasional Museum Batik Yogyakarta, 21 Juni 2015.



<< kembali ke indeks artikel




Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/cpanel/php/sessions/ea3) in Unknown on line 0